Dosen Dan Mahasiswa MPI Gelar Diklat Keorganisasian dan Kepemimpinan di SMP Nurul Jadid Pamekasan
- Diposting Oleh Admin Web Prodi MPI
- Kamis, 5 Juni 2025
- Dilihat 5 Kali
PRODI MPI UIN MADURA-Dalam upaya menumbuhkan jiwa organisatoris dan kepemimpinan pada generasi muda, dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Madura melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bertema "Penguatan Jiwa Organisatoris Siswa Nurul Jadid Pamekasan melalui Diklat Keorganisasian dan Kepemimpinan", yang digelar pada hari Jumat, 5 Juni 2025, bertempat di SMP Nurul Jadid, Dusun Glagah, Desa Panglegur, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan.
Kegiatan ini merupakan bentuk nyata implementasi mata kuliah Manajemen Perubahan yang diarahkan langsung oleh Badrus Soleh, M.Pd selaku dosen pengampu. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar pelaksanaan program akademik, tetapi juga merupakan bentuk pembelajaran praktis bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu di masyarakat.
“Mahasiswa harus menjadi agen perubahan (agent of change), dan melalui kegiatan ini mereka belajar secara langsung bagaimana membentuk karakter kepemimpinan dan semangat berorganisasi pada generasi muda,” ujar Badrus Soleh.
Diklat ini diikuti oleh puluhan siswa-siswi SMP Nurul Jadid yang antusias mengikuti setiap sesi pelatihan, mulai dari pengenalan organisasi, kepemimpinan visioner, manajemen waktu, hingga simulasi kegiatan organisasi siswa. Materi dikemas secara interaktif dan aplikatif agar mudah diterima oleh peserta.
Sementara itu, KH. Ahmad Bashori Alwi, M.H selaku Ketua Yayasan Nurul Jadid menyambut baik kegiatan ini. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya membekali siswa dengan keterampilan non-akademik seperti organisasi dan kepemimpinan sebagai modal masa depan.
“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain memberi ruang praktik bagi mahasiswa, kegiatan ini juga sangat bermanfaat bagi siswa dalam mengembangkan potensi diri dan membentuk karakter organisatoris yang kuat,” ujarnya.
Kegiatan ini menjadi wujud sinergi antara perguruan tinggi dan lembaga pendidikan dalam membangun ekosistem pendidikan yang progresif. Harapannya, kegiatan serupa dapat terus dikembangkan dan diperluas agar memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat.